Pedoman dan Cara Bisnis Online Baju

pedoman bisnis baju online

Cara bisnis online baju merupakan langkah yang dapat dilalui oleh semua calon pebisnis fashion di ranah dunia maya. Dimulai dari niat, kejelian dalam melihat peluang hingga networking yang kuat, keuntungan dipastikan berada di depan mata.

Niat dan Kemauan

Setiap orang memiliki keinginan untuk sukses dalam menjalankan roda bisnis. Tetapi keinginan itu tidak akan tercapai tanpa disertai dengan niat. Dasar dan modal utama dari pebisnis sukses adalah niat yang dimilikinya. Bukan hanya niat di hati, tetapi juga niat untuk bergerak, belajar, dan mengambil resiko.Ingat bahwa bisnis tidak pernah tidak memiliki resiko. Tetapi resiko ini dapat diminimalisir dengan belajar.

Setelah niat terpatri, saatnya mempelajari bagaimana cara bisnis online baju. Tema pelajaran pertama tentu saja adalah internet. Tanpa pemahaman tentang media internet, bagaimana bisa menjalankan bisnis di dunia maya. Sebagai pemilik bisnis, kita harus paham seperti apa caranya mempromosikan, menjual, mengirim, dan bahkan menjawab pertanyaan customer yang tidak bisa kita temui secara face to face. Kita harus paham beberapa bahasa dagang online seperti order, cart, chat, reseller, direct payment, installment, hingga shipping service.

Jeli Melihat Peluang

Kita bukan satu – satunya pebisnis fashion di internet. Pelaku bisnis ini sangat banyak. Apalagi mengacu pada fakta bahwa pakaian merupakan salah satu kebutuhan pokok. Jadi, banyak yang menawarkan dengan ragam dan mode yang unik.

Kita harus bisa melihat peluang dari sudut manapun. Rajin – rajinlah untuk browsing tentang tren fashion yang hits saat ini, baca majalah fashion, dan lihatlah sekeliling. Kadang teman atau kerabat bisa menjadi sumber ide yang cemerlang.

baju online

Contohnya ada teman yang ingin melihat salju di negara 4 musim, maka mau tdak mau dia harus mempersiapkan beragam senjata untuk menghadapi dinginnya salju. Sementara itu, negara kita merupakan negara tropis dimana winter attire tidak akan diproduksi secara massal. Nah, kita bisa menjadikan kebutuhan ini sebagai sebuah peluang bisnis. Mulailah dengan mencari sebanyak mungkin informasi di internet tentang produk – produk winter, jika perlu tanyakan apakah kita bisa menjadi reseller untuk winter attire sebuah rumah desain.

Segementasi pasar kita memang terbatas, tetapi kita bisa menjadi pelopor dari tren ini. Mengikuti sebuah tren bukanlah kewajiban. Sesekali boleh kok menjadi trendsetter.

Networking

Sebuah bisnis tidak akan membawa keuntungan tanpa customer. Tapi customer tidak akan datang tanpa promosi. Bangunlah jejaring untuk bisnis kita. Apakah itu melalui word of mouth, memasang iklan, menulis status di media sosial, atau sesekali mengirim broadcast melalui BBM atau WA.  Menjadikan barang dagangan kita sebagai profile picture pun boleh. Menampilkan link fashion webstore kita di status media sosial di facebook, WA, BBM, atau instagram juga patut di coba.

Setelah customer terjaring, jagalah mereka dengan baik. Ingatlah pepatah bahwa pembeli adalah raja. Layani dengan baik dan mereka akan datang kembali. Rancang sebaik mungkin webstore kita. Tampilkan gambar dengan detail yang jelas. Jangan karena irit space, maka profil barang kita kecilkan hingga 24 kb. Selain tidak enak dipandang, mau menyimpannya di shipping cart juga malas. Sediakan tempat dan kesempatan untuk mereka bertanya, selain dari FAQ. Responlah dengan cepat dan baik. Setelah mereka membayar, maka segeralah kirim pakaian yang mereka beli. Bungkus dengan rapi sehingga pakaian itu sampai dengan selamat di tangan pembeli.

Jangan kuatir tidak bisa, semua bisa dipelajari. Jika takut mengambil resiko, maka tidak untung yang akan datang. Rajinlah membaca tips dan cara bisnis online baju!